Masih terus UP date

Akhiran kata I

18 Mar 2012 - 00:23 WIB

Saya masih belum mengetahui secara pasti kata kata berakhiran I yang banyak digunakan oleh orang orang di Sulawesi Selatan ini. Tetapi karena menurut saya baru dan unik sehingga di bahasa sehari hari sayapun kadang ikut mengucapkan kata kata itu.

Bila anda pernah berbicara dengan orang yang menggunakan kata kata ini kemungkinan besar orang tersebut adalah orang dari Sulawesi Selatan. Kata kata tersebut adalah Mi, Ji, Qi, Di dan di ucapkan dengan nada khas orang Sulawesi. Walaupun kadang sayang ikut mengucapkan kadang malah terdengar aneh bagi orang Sulawesi.

Kata Mi dan Ji, Pi (tanpa ada penekanan di huruf I nya) masih belum jelas artinya bagi saya, tapi saya biasanya menggunakan kata itu saat mengucapkan Apa Ji, iya Mi, dan belum pi. Kata Di (Penekanan pada huruf I) menurut pemahaman saya adalah kata bantu tanya atau juga kadang penegasan pernyataan pada seseorang.

Kata Qi/ki adalah akhiran untuk memperhalus kata ketika kita berbicara pada orang lain seperti Gimana bu/pak kabarnya bisa diganti gimana Qi kabarnya??. Bila di Jawa anda biasa menggunakan kata sampeyan untuk menghormati orang, orang Sulawesi menggunakan kata Kita sebagai kata yg lebih sopan untuk mengatakan anda/kau/awakmu/koen.

Saya juga sering mendengar akhira Ta untuk penggantian anda dan kata NA sebagai kata ganti NYA. Masih banyak sih kata dan kalimat yang di ucapkan dengan akhiran kata diatas tapi entah kenapa saat saya ingin menulis kok pada nggak mau muncul ya

Baiklah kalo begitu cukup disampai disini saja ji tulisanya, bila ada kekurangan pi saya mohon maaf yang sebesar besarnya Diiiii.

O iya bila anda berkenan menambahi silahkan komen di bawah Qi, untuk menambah wawasan saya. Oke pale


TAGS  


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive