Masih terus UP date

Desa IDT yang berswasembada pangan

19 May 2011 - 21:09 WIB

Ternyata desa ini sudah terkenal di dunia pertanian, walaupun termasuk daftar IDT (instruksi desa tertinggal) tetapi desa ini menjadi pusat Agrobisnis untuk kabupaten pinrang. Sebelumnya desa ini tergolong daerah tandus sebelum hadir salah seorang petani horti dari Kabupaten Panajam, Kaltim datang membuka lahan seluas 1 ha untuk tanaman lombok besar dan beberapa tanaman horti lainnya. Tangge begitu panggilan akrabnya merupakan seorang transmigran yang mengawali tanah tandus ini padang loang menjadi tanah produksi bagi masyarakat sekitar.

Padang Loang berasal dari bahasa bugis yang berarti padang yang luas ini pada jaman Jepang menjadi tempat landasan pesawat terbang. Dan hingga kini bekasnya masih bisa kita lihat disana. Desa Padang Loang awalnya tergabung di Desa Malimpung kecamat Patampanua, dan kini karena semakin banyak penduduknya Padang Loang menjadi desa tersendiri di Kecamatan Patampanua.

Dengan datangnya Tangge, muncullah Firman salah satu putra daerah yang tergerak untuk mencoba bercocok tanam dengan mengajak beberapa masyarakat pada tahun 2008 dan hasilnya sekarang desa ini sudah mampu untuk berswasembada pangan sebagai penghasil Lombok dan tomat.

Sekarang Firman dan Kelompok taninya mampu menyuplai kebutuhan lombok dan tomat untuk kabupaten Pinrang bahkan sekarang ini desa Padang Loang Menjadi desa percontohan bagi desa di beberapa kabupaten di Sulawesi selatan untuk tanaman Lombok dan jenis sayuran yang lain.

[gallery]


TAGS   desa / tani / kelompok tani /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive